Menlu RI Minta Jemaah Umrah Yang Sedang Perjalanan Tetap Diterima

Home / Berita / Menlu RI Minta Jemaah Umrah Yang Sedang Perjalanan Tetap Diterima
Menlu RI Minta Jemaah Umrah Yang Sedang Perjalanan Tetap Diterima Mekkah, tujuan utama saat umrah. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMESPASURUAN, JAKARTA – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi meminta Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang dalam perjalanan dan sudah berada di Arab Saudi tetap bisa melaksanakan ibadah umrah

"Saya tadi menyampaikan apakah bisa untuk yang sudah terbang itu dan akan segera mendarat (untuk umrah). Tadi saya bicara itu pukul 08.00 waktu Saudi, kiranya yang sudah telanjur landing itu dapat diperkenankan untuk umrah," kata Retno, Kamis (27/2/2020) seperti dilansir dari kompas.com. 

Menlu Retno mengaku sudah bertemu Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia. Dia mengungkapkan kebijakan mendadak yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi itu berdampak pada WNI yang sudah terlanjur berangkat umrah. 

Retno mempersilakan Arab Saudi melakukan pemeriksaan kesehatan kepada jemaah umrah asal Indonesia. 

"Katakanlah ada pemeriksaan-pemeriksaan kesehatan dan sebagainya, ya kita serahkan. Tapi sekali lagi, kita belum mendapatkan informasi," ucap dia. 

Saat ini, Menlu Retno mengaku sudah meminta Duta Besar RI di wilayah Timur Tengah untuk terus memantau apabila ada WNI yang terhenti perjalannya ke Arab Saudi karena kebijakan itu. 

"Kemungkinan ada warga negara kita yang menjadi terhenti perjalanannya pada saat mereka transit dan sebagainya, nanti penanganannya itu. Tentunya akan dikoordinasikan dengan maskapai maupun travel bironya masing-masing," jelas Retno. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com