Agar Anak Semangat Bersekolah di Hari Senin, Yuk Lakukan Langkah Ini

Home / Gaya Hidup / Agar Anak Semangat Bersekolah di Hari Senin, Yuk Lakukan Langkah Ini
Agar Anak Semangat Bersekolah di Hari Senin, Yuk Lakukan Langkah Ini Ilustrasi Semangat Bersekolah. (FOTO: kumonasiaoceania)

TIMESPASURUAN, JAKARTA – Anak-anak biasanya malas untuk berangkat sekolah saat hari Senin. Mereka masih ingin menikmati hari libur yang sangat singkat saat hari Minggu. Ada beberapa kiat khusus agar anak tetap semangat bersekolah meski hari Senin.

Agar anak tidak terkena sindrom “I hate monday”, berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Ajak bersenang-senang di hari Minggu

Karena anak hanya mendapat libur di hari Minggu, Anda harus memaksimalkannya untuk refreshing. Biarkan ia bermain seharian dan melakukan hal yang ia suka.

Lupakan urusan belajar untuk sehari, kecuali ada tugas atau pekerjaan rumah untuk dikumpulkan di hari Senin. Orang tua juga bisa mengajak anak mengerjakan tugas terlebih dahulu di Sabtu sore, agar hari Minggunya bebas untuk bersenang-senang.

2. Tawarkan bekal dan sarapan spesial untuk hari Senin

Agar hari Senin penuh semangat, coba tawarkan menu spesial untuk sarapan dan bekalnya. Buatkan makanan favorit dan hias dengan cantik agar Senin paginya berwarna. Ajak semua anggota keluarga makan bersama sambil menyemangati.

3. Menyiapkan perlengkapan sekolah sejak Minggu sore

Anak akan lebih semangat pergi ke sekolah jika semua perlengkapannya sudah siap. Baju seragamnya sudah disetrika rapi dan digantung di lemari. Kaos kaki harum, sepatu bersih, dan buku-buku yang sudah tertata dalam tas.

Anda bisa mengajaknya menata perlengkapan sejak Minggu sore. Menyiapkan buku-buku sesuai jadwal pelajaran, atau sekaligus menata seragam untuk seminggu ke depan.

4. Jangan tidur terlalu larut di Minggu malam

Kadang karena terlalu asyik menikmati hari libur, anak sampai tidur terlalu larut di Minggu malam. Alhasil, ia susah bangun pagi di hari Senin karena merasa tidurnya belum cukup.

Setelah jam delapan malam, ajak ia tidur atau rebahan dulu di ranjangnya. Ajak mengobrol atau bercerita di kasur sampai ia mulai mengantuk.

5. Dengarkan musik yang bakar semangat

Sembari bangun dari tidur dan bersiap-siap, tidak ada salahnya untuk bakar semangat anak dengan lagu-lagu yang disukai. Musik salah satu pembangkit mood yang baik lho saat hari senin tiba.

6. Bangun lebih awal dan olahraga ringan

Karena sudah tidur lebih awal di hari Minggu, maka Anda pun lebih mudah untuk beranjak dari kasur saat Senin pagi. Karena, tubuh ibaratnya sudah diisi energi baru secukupnya.

Selanjutnya, Anda bisa mengajak anak lakukan olahraga ringan. Misalnya, sekadar stretching atau jogging di halaman rumah. Olahraga akan membuat badan lebih bugar sehingga siap buat beraktivitas seharian.

7. Antarkan sekolah di Senin pagi

Setiap anak pasti makin semangat bersekolah jika diantarkan orangtuanya. Jika orang tua setiap harinya sibuk bekerja, coba luangkan sedikit waktu saja di hari Senin untuk mengantar anak ke sekolah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com