Ingin Diet? Jangan Hindari Nasi

Home / Gaya Hidup / Ingin Diet? Jangan Hindari Nasi
Ingin Diet? Jangan Hindari Nasi ILUSTRASI - Makan Nasi. (FOTO: alamy stock photo)

TIMESPASURUAN, JAKARTANasi sering dianggap penyebab gemuk, karena itu banyak orang yang ingin langsing menghndari makan nasi dan lebih memilih konsumsi buah. Pemikiran ini menurut dr. Reisa Broto Asmoro keliru. 

“Konsumsi karbohidrat, lemak, dan protein harus seimbang. Kalau hanya makan buah justru bakal membuat lapar luar biasa dan akibatnya bisa membuat makan lebih banyak,” ujar Reisa.

Reisa menjelaskan kalau mau kenyang, maka makanlah sayur yang lebih banyak, bukan hanya buah-buahan. Sayur juga mengandung karbohidrat, tetapi karbohidrat pada sayuran berbeda dengan nasi. 

"Tubuh kita jangan hanya berpatokan pada timbangan tapi perhatikan juga makanannya,” tuturnya.

Ia menganjurkan agar sayur yang menjadi teman makan nasi tidak dimasak terlalu lama karena nilai gizinya akan berbeda. Ia juga tidak melarang konsumsi makanan atau sayur bersantan asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan jangan dipanaskan berulang-ulang.

Dr Reisa juga menyarankan agar tidak berlebihan konsumsi garam. Mengasup garam terlalu banyak memang bisa menimbulkan risiko kesehatan, misalnya tekanan darah tinggi, yang bisa berdampak pada kesehatan kardiovaskular. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com