Cara Ampuh Mencegah Sembelit saat Puasa Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Cara Ampuh Mencegah Sembelit saat Puasa Ramadhan
Cara Ampuh Mencegah Sembelit saat Puasa Ramadhan Ilustrasi Sembelit saat Puasa. (foto: https://widiynews.com)

TIMESPASURUAN, JAKARTA – Sembelit saat puasa Ramadhan bisa disebabkan oleh kurangnya asupan cairan, jadwal makan yang berubah, serta kurangnya konsumsi makanan berserat. Keluhan sembelit biasanya diawali dengan sulit buang air besar, tinja yang keras, rasa mengganjal di anus, dan perut terasa penuh atau kembung.

Agar ibadah puasa Anda tidak terganggu dengan keluhan sembelit, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Cukupi kebutuhan cairan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa sangat penting untuk membantu mencegah dan meredakan sembelit, melancarkan pencernaan, dan mencegah dehidrasi.

Minumlah air putih minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari. Agar porsi tersebut terpenuhi, Anda perlu mengatur jadwal minum, yaitu 2 gelas saat sahur dan 6 gelas saat berbuka puasa hingga sebelum sahur.

2. Perbanyak asupan berserat

Konsumsi makanan kaya serat saat sahur sangat dianjurkan. Selain untuk mencegah dan meredakan sembelit, asupan kaya serat dapat menghalau rasa lapar saat berpuasa. Ini karena makanan berserat dicerna lebih lambat, sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

3. Olahraga ringan

Olahraga ringan dapat membantu mencegah dan meringankan sembelit. Hal ini karena aktivitas fisik dapat merangsang usus untuk bergerak lebih aktif sehingga memudahkan proses BAB. Beberapa olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah jalan santai, yoga, atau latihan peregangan.

4. Mengatasi Sembelit dengan Obat Pencahar

Apabila sembelit menyerang saat puasa dan tidak berhasil diatasi dengan cara-cara di atas, Anda bisa menggunakan obat pencahar atau laksatif untuk melancarkan buang air besar. Namun, hindari mengonsumsi obat pencahar secara berlebihan atau dalam jangka waktu panjang tanpa pengawasan dokter.

Nah, dengan melakukan langkah pencegahan dan pengobatan di atas, diharapkan ibadah puasa Ramadhan Anda tidak akan terganggu lagi oleh sembelit. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com