Ini 6 Hal Penting yang Perlu Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikah

Home / Gaya Hidup / Ini 6 Hal Penting yang Perlu Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikah
Ini 6 Hal Penting yang Perlu Dibahas dengan Pasangan sebelum Menikah Ilustrasi pernikahan. (foto: Istimewa)

TIMESPASURUAN, JAKARTA – Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, bisa dipastikan Anda disibukkan berbagai macam persiapan. Sebelum jauh ke langkah pernikahan, TIMES Lovers pastikan dulu, ada apa enggak calonnya, hehe...  Kalau sudah ada, ini nih 6 hal yang perlu dibahas dengan pasangan sebelum Anda memutuskan untuk menikah.

Jangan sampai Anda dan pasangan menjalani teka-teki di dalam hati tanpa begitu mengenal kepribadian masing-masing. Simak 6 hal dilansir dari www.cermati.com berikut ini:

1. Komitmen dan tujuan pernikahan

Pastikan Anda dan pasangan memiliki komitmen yang kuat untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Hal ini akan menjadi pilar penting di dalam membangun keharmonisan dalam rumah tangga. Bicarakan hal ini dengan jelas sejak awal sehingga Anda dan pasangan bisa lebih yakin untuk menjalani kehidupan rumah tangga.

Pernikahan juga tentu harus diawali dengan tujuan yang jelas. Jangan sampai Anda merencanakan pernikahan tanpa adanya tujuan. Pernikahan seperti ini akan sangat rapuh dan tidak memiliki pondasi kuat yang akan menjadi tumpuan Anda dan pasangan pada masa-masa akan datang.

2. Cara berkomunikasi

Komunikasi menjadi poin penting di dalam hubungan, termasuk dalam pernikahan. Hal ini menjadi penguat hubungan. Pahami pola berkomunikasi masing-masing sehingga Anda dan pasangan dapat saling menyesuaikan.

Jangan sungkan untuk membahas ini secara serius di dalam hubungan Anda. Pada kenyataannya, komunikasi memang menjadi poin penting yang akan membantu Anda membangun keluarga bahagia. Beberapa kebiasaan buruk di dalam berkomunikasi masih mungkin diminimalisir jika Anda dan pasangan mengupayakan hal tersebut sejak awal dengan baik.

3. Prioritas pribadi masing-masing

Jangan salah, setiap orang tentu akan memiliki berbagai hal yang menjadi prioritas pribadi di dalam kehidupannya. Hal seperti ini wajib Anda bahas dengan pasangan. Sebab, bagaimana pun juga Anda dan pasangan tentu memiliki kehidupan pribadi masing-masing, termasuk berbagai prioritas di dalamnya.

Mungkin saja berbagai prioritas ini masih tetap ingin dijalankan setelah menikah nanti. Jadi, sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui prioritas masing-masing sejak awal.

4. Kondisi keuangan dan pengelolaannya

Penting untuk tidak dilupakan dalam pembahasan ini, yaitu keuangan. Pernikahan tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini harus diawali dengan keterbukaan masing-masing tentang kondisi keuangan. Anda dan pasangan harus mengetahui kondisi keuangan masing-masing dan bagaimana mengelolanya selama ini.

Anda dan pasangan juga perlu membahas pengelolaan keuangan rumah tangga setelah pernikahan. Jangan sampai Anda tidak memiliki gambaran keuangan rumah tangga Anda dan pasangan nantinya. Jika sampai begitu, Anda sama saja menjalaninya tanpa tujuan keuangan yang jelas.

5. Kondisi keluarga besar masing-masing

Menikah tentu mempersatukan Anda dan pasangan dalam kesatuan keluarga besar. Hubungan ini akan menjadi kuat kalau Anda mengenal keluarga besar pasangan dan sebaliknya. Tidak perlu takut atau mengkhawatirkan banyak hal terkait dengan hal ini. Terbuka sejak awal akan jauh lebih baik. Bahkan, jika memiliki kesempatan untuk saling bertemu antara keluarga Anda dan keluarga pasangan tentu akan jauh lebih baik lagi.

6. Pembagian tugas rumah tangga

Bukan hanya istri, melainkan suami juga wajib ikut serta dalam mengurus rumah tangga. Ada banyak tugas rumah tangga yang harus diselesaikan. Itulah mengapa sangat dibutuhkan kerja sama antara Anda dan pasangan. Anda dan pasangan akan menjadi tim kerja dalam menyelesaikan berbagai tugas rumah tangga tersebut. Hal ini juga wajib Anda bahas sejak awal bersama dengan pasangan. Tentunya dengan mempertimbangkan kondisi pekerjaan utama dan berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda dan pasangan.

Enam hal di atas yang perlu dibahas dengan pasangan Anda sebelum Anda memutuskan untuk menikah. Happy wedding, TIMES Lovers! (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com