Mengenal Gejala dan Pencegahan Hepatitis A

Home / Gaya Hidup / Mengenal Gejala dan Pencegahan Hepatitis A
Mengenal Gejala dan Pencegahan Hepatitis A Ilustrasi - Hepatitis A/shutterstock (FOTO: fimela.com)

TIMESPASURUAN, JAKARTAHepatitis A merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati dan disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini sangat mudah menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi virus HAV yang berasal dari feses penderita.

Gejala yang dialami bagi pengidap hepatitis A, yaitu dapat berupa pusing, rasa mual dan ingin muntah, sakit tenggorokan, diare, hilangnya nafsu makan dan nyeri pada bagian otot dan sendi.

Hepatitis A umumnya tidak menyebabkan kerusakan liver parah atau berkembang menjadi penyakit kronis. Kebanyakan penderita dapat sembuh dalam beberapa minggu tanpa melakukan perawatan medis.

Dalam sedikit kasus, infeksi virus HAV juga dapat berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan berakibat fatal seperti menyebabkan kematian.

Bagaimana cara melindungi dari infeksi hepatitis A?

Penularan hepatitis A dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi untuk virus HAV. Tubuh akan membentuk antibodi yang mampu memerangi virus dalam waktu satu bulan setelah injeksi vaksin.

Proses pemberian vaksin Hepatitis A sendiri dilakukan bertahap, injeksi diberikan 2 kali dengan rentang waktu 6 bulan untuk masing-masing injeksi. Sebaiknya Anda melakukan vaksinasi secara penuh sehingga dapat membangun sistem imun tubuh yang sempurna terhadap virus HAV. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com