Indonesia, Nomor 61 Sedunia Dalam Kemampuan Berbahasa Inggris

Home / Pendidikan / Indonesia, Nomor 61 Sedunia Dalam Kemampuan Berbahasa Inggris
Indonesia, Nomor 61 Sedunia Dalam Kemampuan Berbahasa Inggris Ilustrasi percakapan dalam bahasa Inggris. (FOTO: makeitation)

TIMESPASURUAN, JAKARTA – Lembaga pelatihan Education First menyatakan Indonesia berada pada nomor 61 dunia dalam kemampuan berbahasa inggris. Lembaga ini telah merilis indeks kemampuan berbahasa Inggris negara negara di dunia dengan tajuk English Proficiency Index (EPI).

Indeks ini mengukur bagaimana tingkat kemampuan bahasa Inggris di negara negara non penutur di seluruh dunia. Seperti dikutip dari kompas.com yang  juga mengutip dari businesss insider, peringkat pertama  adalah Belanda. Kemudian disusul oleh Swedia, Norwegia dan Denmark.

Sementara Singapura turun dua peringkat beradaa di posisi kelima. Negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina berada di posisi 20, Malaysia berada di posisi 26.

Bagaaimana Education First menilai indeks tersebut? Mereka melihat pada nilai EF Standard English Test Score dari 2,3 juta orang di 100 negara di dunia. Rata rata skor tes Indonesia adalah 50,06. Sementara negara tetangga seperti Singapura ada di angka 66,82, Filipina 60,14 dan Malaysia 58,56.

Menurut Education First, kemampuan berbahasa  Inggris ini sangat penting, karena semakin tinggi kemampuan bagi penutur asing  maka semakin tinggi pula pendapatannya. Negara  yang memilliki standar tinggi dalam bahasa Inggris  juga cenderung memiliki skor Indeks Pembangunaan Manusia (IPM) yang tinggi.

Dalaam laporan  tersebut juga ditemukan bahwa lima industry dengan penutur asing bahasa Inggris terbaik adalah sektor farmasi, perbankan, teknologi, telekomunikasi dan konsultasi. Sementara sektor dengan kemampuan bahasa Inggris terendah adalah ritel, manufaktur, logistik, pendidikan, dan pemerintahan. Adapun pekerjaan dengan penutur bahasa Inggris terbaik adalah di bidang hukum, keuangan dan riset, sementara yang terburuk adalah akuntansi, distribusi, dan administrasi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com